Mudahnya Generasi Milllenial, Sedekah Hanya dengan klik-klik Ponsel

http://bocabaca.web.id/wp-content/uploads/2018/05/gopay-baznas.jpg

Sedekah (transliterasi: sadakah) adalah pemberian seseorang kepada orang lain secara sukarela dan ikhlas tanpa dibatasi oleh waktu dan jumlah tertentu. Sedekah lebih luas dari sekadar zakat maupun infak. Karena sedekah bukan hanya berarti mengeluarkan atau menyumbangkan harta. Namun sedekah mencakup segala amal atau perbuatan baik.

Pesatnya kemajuan teknologi memberikan pengaruh besar dalam berbagai lini kehidupan. Salah satunya adalah migrasinya uang dari tunai ke non tunai. Non tunai sendiri merupakan sistem pembayaran tanpa menggunakan uang fisik (kertas maupun logam) yang di perkenalkan ke publik mulai tahun 1990an. Di Indonesia sendiri, sistem pembayaran non tunai tidak dirancang sebagai pengganti sistem pembayaran tunai, tapi saling melengkapi satu sama lain.

Penggunaan uang tunai (kertas dan koin) untuk transaksi sebenarnya sudah jauh lebih praktis dibandingkan sistem barter yang dahulu digunakan oleh manusia. Namun sejalan dengan kebutuhan masyarakat dan perkembangan teknologi, penggunaan tunai kemudian dianggap kurang praktis dan aman.

Sedekah Metode Cashlees

Berangkat dari kepraktisan sistem non tunai inilah, BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional) bersama GO-PAY meluncurkan layanan sedekah berbasis online.

Kerjasama antara kedua belah pihak ini bisa dibling simbiosis mutualisme atau saling menguntungkan. BAZNAS sendiri adalah sebuah lembaga yang dikelola oleh pemerintah yang bertugas menghimpun dan menyalurkan zakat atau infak tingkat nasioanl. Sedangkan GO-PAY sendiri adalah salah satu fitur dalam aplikasi GO-JEK yang menyimpan saldo uang virtual dari para pengguna. Saldo inilah yang nantinya bisa digunakan untuk menyerahkan zakat atau infak kepada BAZNAS.

Selain diatas, kemudahan yang pengguna dapatkan lagi adalah terintegrasinya GO-PAY dengan kode QR yang sudah di sediakan di beberapa tempat seperti billboard di area Pakubowono, commuterline dan area stasiun, serta booth-booth BAZNAS yang ada di 12 pusat perbelanjaan dan 20 gedung perkantoran di Wilayah Jabodetabek.. Jadi, pengguna GO-PAY hanya tinggal scan kode tersebut dan memilih jumlah nominal yang akan disedekahkan. Pengguna juga dapat memantau perolehan dana sedekah melalui link yang sudah disediakan oleh penyedia layanan.

Baca Juga:  Wujud Ponsel dengan Layar Lipat pertama di dunia

Tentang GO-PAY

GO-PAY adalah layanan uang elektronik bagian dari ekosistem GO-JEK, perusahaan on-demand berbasis aplikasi terbesar di Indonesia. Saat ini GO-PAY dan GO-JEK telah bermitra dengan 18 bank dan 4 lembaga keuangan lainnya.

GO-PAY berfokus membantu jutaan keluarga Indonesia untuk memiliki akses kepada berbagai layanan dan produk jasa keuangan. Pada Juli 2017, GO-PAY memenangkan Penghargaan Bank Indonesia untuk kategori Perusahaan Fintech Teraktif Pendukung Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT) Inklusi dan Edukasi Keuangan serta Pemberdayaan UMKM.

Tentang BAZNAS

BAZNAS merup badan pengelola zakat yang dibentuk pemerintah melalui Keputusan Presiden (Kepres) No 8/2001. BAZNAS bertugas menghimpun dan menyalurkan Zakat Infak dan Sedekah pada tingkat nasional. Lahirnya UU No 23/2011 tentang Pengelolaan Zakat, mengukuhkan peran BAZNAS sebagai lembaga yang berwenang melakukan pengelolaan zakat nasional. BAZNAS sudah berdiri di 514 daerah (tingkat Provinsi dan Kabupaten/Kota).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *