Harus Tahu! Inilah Ciri-Ciri Airdrop Scam

Mem-bludak-nya para peminat mata uang Crypto semakin hari semakin bertambah. Hal itu pula yang melatarbelakangi banyaknya web dan situs penyedia layanan Cryptocurrency yang bermain kurang fair alias Scam.

Bagi yang sudah berpengalaman dalam bermain Airdrop, mungkin tidak asing lagi dengan istilah Scam. Namun bagi para pemula, mungkin banyak yang tidak mengetahui hal tersebut. Meski sudah banyak blogger maupun youtuber yang membahas perihal Scam.

Scam adalah Airdrop atau website Cryptocurrency yang tidak membayar. Terkadang Scam sering dilakukan oleh website investasi. Sangat disarankan bagi para pemula Airdrop untuk tidak sembarangan dalam memilih situs investasi Bitcoin.

Ciri-ciri Airdrop Scam 

1. Memakai Domain Gratis

Biasanya Airdrop Scam memakai cenderung domain gratis seperti .ga .tk .cf dan masih banyak lagi. Karena domain-domain gratisan tersebut bisa didapatkan dengan mudah di internet. Namun begitu, webiste yang berdomain .com .io. atau .net juga belum tentu bukan Scam. Karena banyak juga yang menggunkan eksistensi domain .com untuk menipu orang. Tergantung hemat kita dalam memilih.

2. Media Sosial Tidak Jelas

Airdrop yang real biasanya mempunyai Media Sosial yang jelas. Karena jika mereka memilik media yang jelas, mereka pasti juga mempunya Tim yang mengurus project tersebut.

Namun sekali lagi, ini tidak menjamin 100% . Tidak menutup kemungkina kita masih menemui Scam pada Airdrop atau situs mining dan investasi Cryptocurrency.

3. Menawarkan Profit yang Sangat Besar

Kasus ini biasanya sering terjadi pada situs investasi atau penggandaan uang digital. Dengan contoh, misalkan kita berinvestsi 5000 Doge, dan dalam sehari kita akan mendapatkan 6000 Doge. Berarti, profit kita dalam sehari adalah 10% dari hasi coin kita. Yang seperti ini, biasanya hanya membayar diawal saja.

Niat hati ingin Profit, apa daya justru Pailit.

Sementara, hari-hari selanjutnya tidak akan membayar lagi. Karena situs seperti diatas hanya memutarkan mata uang dari satu investor ke yang lain. Dan pemilik websitenya juga menyisihkan uang dari deposit orang yang berinvestasi dan mengambilnya.

Baca Juga:  Mining Bitcoin di Nexusmine, Gratis 200 GH/s

4. Meminta Private Key

Dalam bermain Airdrop, kita wajib memiliki Wallet Imtoken. Wallet ini berfungsi sebagai dompet untuk menampung Airdrop yang sudah kita kumpulkan sebelumnya.

Wallet sendiri mempunyai ‘Private Key’ untuk login. Nah kalau orang lain mengetahui Private Key imtoken kita, habislah kita.

5. Tidak Memiliki Website dan Whitepaper

Airdrop yang mepunyai website memungkinkan bisa kita cek siapa founder dan alamatnya. Kita juga bisa mengtahuinya dengan cara bertanya pada penyedia domain yang mereka pakai.

Sedangkan Whitepaper adalah susunan sistem yang dipakai atau dierapkan oleh semua Project Airdrop yang dijalankan. Segala yang memuat Airdrop ada disana, mulai dari Total suply token tersebut, harga token, platform yang dipakai dan masih banyak lagi.

Well mungkin beberapa poin diatas yang bisa kita gunakan untuk menganalisa ke-real-an suatu Airdrop.  Kita juga harus tetap waspada dalam menginvestasikan suatu harta, jangan sampai niat hati ingin Profit, apa daya justru Pailit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *