Apa bedanya sih? Mining CPU dan GPU

Istilah CPU dan GPU memang sudah tidak asing lagi dalam dunia Cryptocurrency, kedua hal ini memang berkaitan erat dengan dunia pertambangan Bitcoin. Lalu? Sebenarnya apa yang dimaksud dengan mining pada keduanya? Mana yang lebih menguntungkan?

Sebenarnya, kedua istilah ini bukan merupakan hal baru dalam dunia per ‘komputeran’. Apalagi bagi seorang yang kesehariannya meng-utak-atik perangkat tersebut.
CPU atau Central Processing Unit adalah perangkat keras komputer yang bertugas mengirim dan menerima data perangkat lunak, karena CPU sendiri merupakan pusat pengolahan data dari komputer.

Sedangkan GPU (Grapichs Processing Unit) adalah sebuah kartu grafis yang berguna untuk rendering grafis 3D dan efek visual sehingga CPU tidak perlu lagi melakukan tugas ini.

GPU sendiri ada dua yang secara fisik berbeda, namun memiliki tugas yang sama. Kebanyakan perangkat komputer memiliki konsumsi yang jauh lebih lambat namun lebih sedikit daya dan IGP yang lebih murah (Integrated Graphics Processor), dimana ini merupakan GPU yang terintegrasi langsung ke dalam chipset dan disolder ke motherboard (atau juga pada prosesor), daripada kartu AGP atau PCIe yang lebih kuat yang dihadirkan secara terpisah.

Nah, GPU yang terpisah memiliki fasilitas tersendiri didalamnya. GPU ini memiliki kekuatan tersendiri dan cukup hebat ketika anda membutuhkan perangkat tersebut terutama untuk tugas grafis intensif seperti pengeditan game atau video dimana mereka memiliki jumlah memori tersendiri, sehingga ia tidak terlalu bergantung pada memori yang dipasang pada motherboard. Sehingga GPU yang terpisah (dedicated GPU) lebih baik dalam hal kinerja jika dibandingkan dengan Integrated GPU. GPU layaknya seperti CPU, tapi ada perbedaan internal penting yang membuat mereka lebih cocok dengan tugas khusus yang dihadirkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *