5 Cara Menghasilkan Uang dari Instagram yang Patut Kamu Coba

Media sosial saat ini bukan hanya menjadi platform berbagi cerita dan informasi. Banyak yang menggunakan media sosial untuk berbagai kepentingan, bahkan sebagai pekerjaan.

Menurut survey We are Social (Hootsuit), pengguna Instagram di Indonesia menduduki peringakat keempat sebagai media sosial paling banyak digunakan setelah Youtubue, Whatsapp, dan Facebook. Dengan total pengguna media sosial aktif mencapai 3,484 milyar dari jumlah populasi 7,676 milyar.

Dengan pengguna sebanyak itu, bayangkan jika kita mempunyai sebuah produk lalu kita pasarkan di media sosial khususnya instagram. Pasti akan ada satu atau dua orang yang melihat atau membeli produk kita, tergantung bagaimana promosi yang kita kemas.

Lalu apa saja cara agar Instagram memberikan keuntungan –finansial– bagi kita? Berikut rangkumannya:

1. Endersoment

Endorse adalah jenis promosi yang memanfaatkan ketenaran atau pengaruh seseorang. Endorse biasanya terjadi antara pemilik produk dengan seorang artis/seleb dengan kesepakatan bersama. Biasanya barang yang dipromosikan oleh seleb tersebut menjadi miliknya.

Memang tidak semua orang bisa menjajalnya (secara instan) mengingat dari para selebgram sendiri selain ganteng dan cantik, mereka juga mempunyai keahlian yang matang dalam bidangnya masing-masing. Sehingga bisa menginfluence para followersnya.

2. Menjual Produk

Di timeline instgram, pasti kita sering menjumpai orang yang mempromosikan produk mereka, bisa di tab pencarian maupun dalam kolom komentar. Produk yang mereka jual pun beragam, mulai dari pakaian, gadget, kosmetik, dan makanan atau minuman. Apalagi, instagram bisa diubah menjadi akun bisnis dengan diintegrasikan dengan Fanspage atau Shopify yang mana akan menambah profesionalisme sebuah toko. Kita juga bisa meng-endorse orang untuk strategi pemasarannya.

Perlu diketahui bahwa orang-orang tersebut tidak semua mempunyai toko fisik, mengingat sekarang suplier dan dropshiper menjamur dimana-mana.

Baca Juga:  Kiat-Kiat Menangkal Berita 'Hoax'

Selain menjual produk fisik, kita juga bisa untuk menjual produk non-fisik seperti desain logo, pembuatan web, content writer, jual follower dan masih banyak lagi selama saling menguntungkan kedua belah pihak.

3. Menjadi Buzzer

Buzzer adalah orang yang menggunakan media sosial sebagai alat promosi suatu produk. Perbedaanya dengan endorse adalah buzzer disini hanya memprosikan semial via instastory atau pamfletnya.

Orang yang bisa menjadi buzzer tentu saja mereka yang memiliki follwers banyak dan bisa memberikan pengaruh pada mereka. Bahkan sebagian advertiser menpunyai syarat jumlah follwers seorang buzzer.

4. ‘JasTip’ atau Jasa Titip

Keempat ini sangat cocok bagi kita yang suka travelling. Biasanya barang yang dibeli hanya tersedia pada event tertentu atau barang ‘khas’ suatu daerah.

Dengan menawarkan pada followers, kita bisa mendapatkan income dari setiap orang yang ‘titip’ ke kita, tergantung dari kita sendiri dalam menentukan harga.

5. Menjual Instagram

Katanya bisnis dengan instagram, kok malah dijual?

Meski banyak yang tidak mengetahui, namun bisnis terakhir ini mempunyai omzet yang lumayan besar. Penulis sendiri pernah menjumpai dalam sebuah grup media sosial akun instagram dengan followers 15k ditawar sekitar 300 ribuan. Menarik bukan? Terlepas follwersnya tersebut robot atau bukan.

Itulah artikel 5 Cara Menghasilkan Uang dari Instagram yang Patut Kamu Coba Bagaimana? Mau coba yang nomor berapa? Atau semuanya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *