4 Tips Jaga Kesehatan Baterai Smartphone

Kondisi baterai pada smartphone memang menjadi hal yang harus diperhatikan. Bagaimana tidak? baterai adalah perangkat utama yang menjadi mobilitas kinerja sebuah ponsel. Baterai yang awet juga menjadi kenyamanan tersendiri bagi seseorang. Tidak mau bukan jika kemana-mana harus nyolokin charger atau Power Bank? Itu Hape apa kulkas?
Berikut ini kami menyajikan tips agar baterai kalian berumur panjang. Meski tidak sepenuhnya menjamin, namun setidaknya sebagai upaya pencegahan agar baterai tidak mudah kembung seperti balon.

1. Jangan charging hingga kondisi full

Kebanyakan ponsel yang beredar di pasaran menggunakan jenis jenis lithium-ion. Baterai jenis lithium-ion, pada dasarnya tidak perlu terisi sampai penuh hingga dalam kondisi 100%. Karena proses pengisian sampai penuh sangat melelahkan bagi bahan-bahan kimia di dalam baterai.

2. Charging secara berkala dan secukupnya

Jika setiap hari Anda bekerja di dalam ruangan, maka cara ini bakal ideal untuk memperpanjang umur dari baterai ponsel Anda. Bagi Anda yang melakukan pekerjaan di luar ruangan, Anda bisa mengisi baterai ponsel sampai 90% – 100% saat berada di rumah. Ketika sedang bepergian, Anda bisa mengandalkan power bank untuk mengisi ulang baterai dalam kondisi 40% dan mengisinya hingga 80%.

3. Hentikan proses charger ketika baterai terisi full

Ketika baterai ponsel terlanjur terisi sampai full, maka baterai akan menyedot energi dalam jumlah kecil agar tetap terjaga dalam kondisi 100%. Ini akan membuat baterai terus bekerja keras sehingga menimbulkan semacam stress pada proses kimiawi di dalam baterai. Untuk itu, hentikan proses charger ketika ponsel Anda sudah terisi penuh.

4. Usahakan suhu ponsel tetap dingin

Baterai ponsel sangat sensitif terhadap panas, terutama yang timbul karena proses pengisian. Jika Anda sering berada di luar ruangan, biasakan memakai cover agar baterai tak terpanggang oleh panasnya temperatur luar ruangan. Namun, jika Anda sering bermain game yang cukup berat, maka jangan gunakan cover pelindung pada smartphone ketika bermain game agar panas bisa cepat tersebar. Penggunan cover saat bermain game justru membuat smartphone semakin panas, karena panas berkumpul dalam satu titik dan tidak menyebar ke seluruh permukaan.

Baca Juga:  Kiat-Kiat Menangkal Berita 'Hoax'

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *